Definisi Pembelajaran Kontekstual (CTL)

Definisi Pembelajaran Kontekstual atau CTL menurut para ahli. Ada tiga ahli pendidikan yang diambil kafeilmu.com untuk mendefinisikan pembelajaran kontekstual ini (CTL). Definisi tersebut antara lain.

Elaine B. Johnson mendefinisikan pengertian pembelajaran kontekstual sebagai berikut:

Contextual Teaching and Learning (CTL) atau disebut secara lengkap dengan Sistem Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah:

sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial, dan budaya mereka.
Dengan pengertian tentang pembelajaran kontekstual diatas, diperlukan usaha dan strategi pengajaran yang tepat, sehingga dapat dicapai tujuan untuk mengantarkan guru dan murid dalam sebuah pendidikan yang kontekstual. Untuk mencapai tujuan ini, sistem pembelajaran kontekstual mempunyai delapan komponen utama.

Komponen pembelajaran kontekstual tersebut adalah sebagai berikut:
  •     membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna,
  •     melakukan pekerjaan yang berarti,
  •     melakukan pembelajaran yang diatur sendiri,
  •     melakukan kerja sama,
  •     berpikir kritis dan kreatif,
  •     membantu individu untuk tumbuh dan berkembang (konstruktivisme),
  •     mencapai standar yang tinggi,
  •     dan menggunakan penilaian autentik.
tentang delapan komponen tersebut lebih lengkap telah dibahas dalam artikel kafeilmu.com sebelumnya sebagaimana link yang disertakan.

maen copas dari: kafeilmu.com

Comments

Popular posts from this blog

Teorema Thevenin Norton

Kaomoji - Japanese emoticons - Ekpresi Lucu dengan huruf :D

"Te wo Tsunagou" Lyrics OST Doraemon Movie: Nobita and the Green Giant Legend