Penyelesaian Teorema Thevenin


Sebel liat praktikan yang nyontek Tugas Pendahuluan berjamaah persis sama, termasuk yang salahnya juga salin.... hadowh...
Baiklah, buat yang giat mencari dan didukung dengan keberuntungan akan bertemu dengan post-ku ini. Karena panda akan membahas sedikit materinya bukan sebagai asisten lab, tapi mahasiswa "baik hati" (So, keep it from the assistants okay?! XD )

okay, dari soal thevenin yang kayak belah ketupat itu dulu...




Nah, seperti penjelasan teorema thevenin sebelumnya, rangkaian dibagi menjadi RL beban dan rangkaian yang yang akan disederhanakan.

uhm, misalnya kita ingin mencari Rth-nya terlebih dahulu, dengan kata lain, R di rangkaian yang ruwet ini akan kita sederhanakan. jika di praktikum, gampang kok. pasangkan saja OhmMeter ke titik RL beban (titik B-C).
Kalo dengan teori, dengan catatan tidak ada sumber terikat. maka kita mulai penuhi syaratnya:
1. Matikan segala sumber (bebas) >> sumber tegangan di short circuit dan sumber arus di open circuit. Nah, beruntungnya kasus di atas tidak menggunakan sumber arus dan bebas. jadi tinggal di-sc aja... jadinya begini:

2. jangan kaget liat rangkaiannya tiba-tiba begitu. tetep patuh pada aturan aja: RL beban di lepas, sumber tegangan di-sc. nah, titik RL yang telah dilepas itu kini menjadi titik B dan C yang dibuka ke luar; sementara si sumber tegangan yang sudah di-sc kini diletakkan di tengah para hambatan itu. (biar lebih enak diliat)

3. bingung kan ini yang mana seri yang mana paralel?! coba sederhanakan menjadi seperti ini:



4. Klo gak yakin, tarik aja titik simpul. percaya deh...
5. dengan begini kan keliatan tuh yang mana paralel yang mana seri, Rp1 >> R1 dan R2 ; Rp2 = R3 dan R4. sementara Rp1 dan Rp2 adalah seri. selesai deh...

untuk Voc ataupun Vth (jangan bingung mereka itu variabel yang sama), open beban, setelah itu selesaikan dengan teorema mesh atau loop. dimana nilai Vth-nya sama dengan nilai V di R2+ R4 sama dengan V di R1+R3. di sini perlu hati-hati yang super ketat, karena teman-teman akan mudah lupa dengan polaritas dan arah atus yang sebelumnya. dengan hati-hati dan tetap konsisten, bakal ketemu deh....!

sementara untuk Isc ataupun In, gampangnya = Vth/Rth.

bisa juga dilakukan ketika beban RL di-short circuit lalu selesaikan dengan mesh.... (selamat bersenang-senang dengan 3 mesh)

sekian

Comments

Popular posts from this blog

Teorema Thevenin Norton

Kaomoji - Japanese emoticons - Ekpresi Lucu dengan huruf :D

"Te wo Tsunagou" Lyrics OST Doraemon Movie: Nobita and the Green Giant Legend